random

What I talk about when I talk about Running.

What I talk about when I talk about Running adalah buku dari novelis Jepang yang kharismatik, Haruki Murakami. Di dalam buku tersebut, Murakami bercerita tentang dunia larinya, marathon, bagaimana dia berlari, apa yang dia pakai, what he feels on his 62 miles running. Orang yang bisa berlari sangat cepat selalu membuatku iri (tentu saja karena saya tidak bisa berlari secepat mereka 😛 ). Mereka terlihat begitu kuat, gesit, tangguh, terutama kedua kaki mereka. Dan pelari harus memiliki keseimbangan yang bagus, yang saya tidak miliki. Body balance.

Number one is talent, then focus, then endurance.
Dalam lari. Dalam kepenulisan.
Saya iri. Lagi.

Number one is talent, then focus, then endurance. Terutama dalam hal kedua dan ketiga, saya ingin sekali memilikinya. Tapi ingin saja tidak cukup. Setiap kali saya mencoba untuk menulis sesuatu yang panjang, saya selalu terantuk dengan plot yang berubah, dengan judgement premature, dengan insecurities dan keraguan akan kualitas, kenapa saya jadi membosankan begini, ah kurang kena, lho koq, dan semacamnya. Kendala itu selalu muncul, menggeliat, menarik-narik, hingga akhirnya tulisan itu pun hanya berujung sebagai draft tertumpuk-tumpuk dalam folder tulisan saya atau terselip dalam file folder milik Zala. #sigh#

Kadar keinginan yang tidak terfokus, tidak menjurus ke satu titik saja. Saya ingin ini, sejam lagi ingin itu, sehari kemudian memimpikan yang lain. Kebiasaan buruk. Seperti kata Jack Cheng dalam Thirty Minute A Day, “the important thing isn’t how much you do; it’s how often you do it.”
Fokus.
Fokus.
Fokus.

Beberapa rencana proyek pribadi yang sudah disusun sejak awal tahun kemaren, hingga kini belum terpoleskan sama sekali. perencanaan yang tertunda, terjengkal sana sini. Apalagi dengan kondisi perkuliahan yang entah bagaimana harus kujelaskan (ibu, maafkan anakmu ini), saya hampir tidak tahu lagi bagaimana caranya untuk memusatkan kembali semua energi hanya pada satu titik fokus. “LULUS”.

Tugas-tugas yang semakin terbengkalai, apalagi dengan riwa riwi jadi jongos di proyek perampingan tenaga OS PU Pemkot setengah bulan kemaren, tugas kuliah saya hampir di titik megap-megap. Ra kecandhak blas. OhGodHow!!
What I talk about when I talk about Focus.

Dan baru 3 hari yang lalu saya memulai lagi, menggasak satu per satu yang tertinggal. Dan ternyata buanyaaak (banyak kadar amit-amit) sekali yang harus dikejar. Membuat semakin ciut nyali. Apalagi dengan godaan pengen nonton The Hobbit, Chinese Zodiac Jackie Chan, ditambah lagi saya baru saja tekken pembayaran tadi malam membuat dompet saya sangat bernafsu di bawa jalan-jalan, Ya Allah…godaan ini sangat berat. Suerr, setelah sutris perkara cinta rasanya daku kebelet betul nongkrongin XXI. Dengan berbagai sms teman-teman yang menghantui hati, menjerumuskan ke lembah dosa, ayo Zal nonton bareng, ayo Zal makan es krim, ayo Zal ke Togamas, Ayo Zal ke Halo Surabaya, Ayo Zal.. Ayo Zal..Ayo Zal….

T_____________________________T

Dan kembali lagi saya ke pojok, ngunyahin mantra ‘fokus. fokus. fokus.’ masuk telinga keluar mulut masuk mata, ngantuk. Eggh..

Andai bisa manggil superagent OSO dengan three special stepsnya, saya bakal kayang guling-guling naik turun tangga. Which is so impossible to be done. ha!

Bahkan menulis ini pun adalah godaan. wkwkwkwk. Saya berlari dari ngerjakan desain dining set dari tadi pagi. Bergolak otak sama mata, sepetnya lihatin garis-garis dan arsiran. Pengen nimpukin sketch book sama pensil warna. Nyemil tahu panas sama sambel kacang, nonton horror Thailand, leyeh-leyeh, smsan sama penggemar, ngrajut bentar, jahit baju, belajar pola, nongkrongin youtube, nglirik’in berita, sepedahan, beli es tebu, makan jagung rebus, mandi yang luamaaa, eegh.. asyiknyaaa….

What I talk about when I talk about, STOP RUNNING = NDANGO KERJAKNO!!
focus. endurance. focus. endurance. focus. focus. focus.
FOCUS.

>.< #ugh# angele.

One thought on “What I talk about when I talk about Running.

Leave a Reply

